My Name

Hello, my name is Andika Prasetia Putra live and born in Indonesia, Jakarta.

For this article I would like to write in Bahasa Indonesia, Selamat membaca!

Nama gw Andika Prasetia Putra, lahir di jakarta, besar dijakarta juga. Sekarang gw masih kulaih tingkat 3 di salah satu universitas negeri jurusan bisnis. Dalam artikel ini gw mencoba memperkenalkan diri lewat arti nama gw dan silahkan menilai pribadi gw dan salam kenal.

Berdasar Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti nama gw,

an·di·ka kl 1 n kehormatan tertinggi yg diberikan atau dimiliki raja atau penguasa dr zaman pra-Islam: —Betara Majapahit; 2 pron sapaan hormat orang kedua; Tuanku

pra·se·tia n niat (janji) yg teguh: para sarjana baru diharapkan menaati — yg baru saja diikrarkan

put·ra n 1 anak laki-laki raja; 2 anak kandung; 3 anak laki-laki; 4 khusus (untuk) laki-laki: ia menjadi juara untuk lomba lari 100 m –; 


 Jadi kalau disambungin, “anak laki-laki yang memiliki kehormatan tertinggi sejajar dengan raja dan memegang niat (janji) dengan teguh”. Dan itulah gw!hahaha, jauh banget dari kenyataan. Gw juga ga terlalu ngerti sebenernya sama arti nama gw dan maksud orang tua gw memebrikan nama andika yang notabene ada jutaan nama andika yang tercantum pada akte kelahiran manusia di dunia ini. Tapi gw ga menyesali dengan diberikanya kehormatan tertinggi gw yaitu nama andika ditambah panggilannya dika. Yak nama dika kalau dikumpulin kayanya cukup ko buat bikin 1 partai lawannya partai SRI isinya “kami adalah kumpulan Dika yang bernaung dibawah partai DIKA untuk mendukung Dika menjadi presiden Indonesia”. Justru nama dika yang pasaran itu menjadi nilai plus buat gw pribadi, disamping motivasi untuk bisa berbeda dari pada “andika/dika” lainnya, semasa hidup gw dari SD hingga kuliah gw bisa tau bagaimana orang mendiferensiasi (membedakan) gw dengan kaum “dika”. Kalau orang lain mungkin mereka ga bisa tau bagaimana orang mendefinisikan diri mereka, sedangkan gw, setiap muncul; ucapan kata dika pasti dilanjutkan dengan pertanyaan “dika yang mana?”. Nah positif dan negatif pendapat orang selalu gw terima karena paling ngga mereka bisa mendefinisikan gw yang berbeda dari lainnya. Jadi kalau kita mandang sesuatu dengan positif pasti ada posititifnya..

Berhubungan dengan nama yang masih bingung adalah nama gw kurang international. Dan belum bisa disebut tradisional juga sih menurut gw. Jadi permasalahannya adalah nama gw yang sepertinya susah untuk diucapkan oleh orang luar negeri, kenyataan nya sih bisa cuma ya kurang enak aja didenger dan kalau dalam bahasa inggris pun nama gw bisa berubah menjadi kosakata yang buruk. Kalau waktu kecil gw emang memperkenalkan nama gw dengan “Andika” kepada bocah-bocah bule pada saat itu, cuma al hasil panggilan gw jadi ENDIKA atau ENDIKE.. dan menurut gw itu ga enak didenger, tapi apa daya itulah panggilan gw. Nah baru-baru ini dikampus gw kedatengan pelajar ex-change dari belanda, ketika itu gw coba berkenalan untuk ngajak masuk dalam salah satu grup diskusi kuliah. Pada saat itu juga gw kehilangan jati diri gw,hahaha, maksudnya gw yang ngajak kenalan tapi gw sendiri yang bingung untuk memeperkenalkan diri gw siapa. Karena gw mau merubah ENDIKA/ENDIKE menjadi lebih baik, tetpai panggilan gw dika.Yang memeberatkan adalah kalau nama gw di ucapkan dengan dik-a maka nama gw sangat-sangatlah tidak sopan dalam arti Bahasa Inggris. Jadi pas bersalaman malah gw diam sesaat memikirkan nama gw siapa dan terucaplah dika, dan bertanyalah kembali karena gw mengucapkannya dengan keraguan. Alhasil jalan keluarnya adalah gw menjawabnya dengan cepa dan menimpalnya dengan pertanyaan “dika, what’s your name?”, dengan alasan dia ga inget nama gw dan gw masih punya waktu untuk berfikir merubah nama panggilan gw. Dan dengan sangat bangga gw udah siap memperkenalkan diri gw kembali dengan panggilan “Andy”. Pas kan tuh rada-rada kebule-an jadi pasti mereka akan dengan mudah mengucapkannya. (semoga berhasil karena gw belum  melakukannya,haha)

Mungkin sekian dulu yang gw bisa ceritain dari arti nama gw dan beberapa embel-embel tambahan tentang nama gw, kalau ada kata-kata yang kurang enak dibaca atau menyakiti hati kalian mohon maaf sebesar-besarnya..

NB : Kaum Andika dan dika di dunia ini ditunggu sharing ceritanya juga atas nama kalian!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: