Kreatif dalam mengembangkan Negara

Ketika saya ditamyakan mengenai negara apa yang paling kreatif, sebenarnya saya aka bingung pada awalnya akan menjawab apa. Namun beberapa detik kemudian saya akan menjawab Jeoang. Mengapa harus Jepang? Pada awalnya hanya karena alasan “saya tiba-tiba saja teringat negara Jepang,” tanpa punya alasan yang lebih kuat. Namun ternyata tak semudah itu Jepan menjejaki isi kepala saya, bahkan bisa-bisanya negara Jepang muncul begitu saja yang sepertinya menjadi “top of mind” dalam otak saya. Kalau ditelaah lebih jauh ternyata nama negara Jepang tersebut muncul dengan alasan yang kuat. Berikut saya akan jelaskan bagaimana hal itu dapat terjadi.

Dalam keseharian kita dapat mengkategorikan beberapa hal, contoh makanan dan minuman, tradisi, fashion, arsitektur, karya seni dan teknologi. dari kategori-kategori diatas, bila saya tanyakan contoh kategori tersebut di Jepang maka saya yakin semua akan bisa menjawabnya. Siapa yang tidak mengetahui SUSHI atau Bento? Makanan khas jepang ini telah mendunia, saya rasa di setiap negara di dunia ini terdapat resto yang menyajikan masakan Jepang. Sedikit sejarah mengenai sushi, berdasarkan literatur yang saya baca sushi adalah masakan jepang yang terdiri dari nasi bersama lauk berupa makanan laut, daging dan sayuran mentah ataupun dimasak. Sushi telah berkembang sejak zaman Edo (1603-1867) dan asal-usul kata sushi berasal dari kata sifat yang berarti rasa masam. Rasa masam ini muncul dari cara para orang terdahulu yang mem-fermentasikan hasil tangkapan laut mereka dan campuran cuka beras, garam dan gula yang dicampurkan dengan nasi. Berdasarkan sejarahnya sampai 1970 sushi masih dianggap sebagai makan mewah dan seiring perkembangan zaman pada era 1980 kemudian sushi berkembang menjadi makanan dalam keseharian. Walau pun tidak banyak proses dalam pembuatan sushi namun variasi dan bentuk sushi menjadi sesuatu yang tradisi yang kreatif. Dan pada zaman sekarang sushi sudah mendunia dan terkadang terdapat beberapa variasi yang condong disesuaikan dengan rasa pada masing-masing daerah dimana sushi tersebut dijual. Seiring dengna makanan ternyata kita akan selalu ingat minuman khas yanga akan mendampingi sushi yaitu ocha. Ocha yng seperti kita ketahui merupakan teh hijau yang memang berkembang ditanah Jepang. Makanan dan minuman ini tak mungkin berkembang pesat dan mendunia ikalau memang tidak kreatif atau tidak disukai. Dengan eksistensinya menandakan bahwa dari aspek makanan dan minuman Jepang berhasil memasarkan kreasi negerinya berupa makanan dan minuman.

Beranjak ke aspek lain yaitu fashion. Fashion yang kental dengan khas Jepang yaitu Harajuku. Harajuku sendiri sebenaranya adalah nama daerah atau kota, namun pada era 1970 ada departemen store yang dibuka di kota Harajuku. Pada saat itu ternyata gaya fashion yang muncul di daerah Harajuku itu muncul pada media fashion. Gaya yang ditampilkan pada saat itu mnemang berbeda dan ditirukan oleh anak-anak muda yang berada di daerah harajuku. kemudian orang-orang dari luar daerah harajuku mulai berdatangan untuk melihat gaya para anak muda di harajuku dan ingin membeli pakaian yang bertemakan harajuku tersebut.

Kemudian kategori lain contohnya teknologi, kini tak bisa dipungkiri keseharian kita telah dikelilingi oleh teknologi. Mulai dari laptop yang saya gunakan ini lalu tv, kulkas, AC, handphone, kendaraan bermotor dan masih banyak lagi. Jika disuruh menyebutkan merek-mereknya maka yang saya ingat ada toshiba, toyota, yamaha, honda dan beberapa merek lainnya. Dari 3 merek/brand yang saya sebut ini sepertinya merupakan buah tangan kebangsaan Jepang. Mulai teknologi yang memudahkan secara personal dan hal-hal kecil hingga hal-hal yang memudahkan beberapa orang dan mempermudah permasalahan yang besar. Bahkan perusahaan terbaik diIndonesia saat ini diduduki oleh Toyota, yang notabene kepemilikan negara sakura. Jadi dibandingkan penggunakendaraan bermotor merek Jepang dengan buatan negara lainnya yang digunakan rakyat Indonesia rasanya sangat tak sepadan.  Untuk bidang teknologi saya sampai bingun untuk memilih brand atau merek asal Jepang mana untuk dijelaskan sejarahnya. Spertinya kita semua tahu betapa besar dan apa saja karya dari buah tangan brand dan merek tersebut karena saya bisa jamin anda bisa menemukan brand atau merek Jepang disekitar anda paling tidak dilingkungan rumah anda untuk peralatan berteknologi. Saya ingin bertanay apakah anda sering melihat hasil karya penmuan warga Jepang yang mereka buat bertujuan untuk memudahkan keseharian? seperti kipas ditangan untuk mendinginkan mie yang mereka makan, payung yang menempel dengan kepala? atau bahkan tiang penyangga dagu untuk tidur di kereta. Mungkin bagi kita penemuan itu tidak berguna atau tidak penting, namun sebenernya kita harus bisa meniru mereka. Meniru bagaimana mereka mau melakukan sesuatu dan berfikir lebih untuk membuayt hidupnya lebih mudah dan membuat segalanya menjadi efisien dan efektif.

Dari segala kemajuan yang telah dikembangkan negara Jepang sepertinya mereka tak lupa akan tradisi mereka. Tradisi seni tradisi pakaian atau pun olahraga. Muncul lagi yang saya ketahui mengenai Jepang yaitu baju tradisionalnya, Kimono. Sepertinya sampai bingung saya kategori benda apa dalam hidup yang yang tidak Jepang miliki dan tidak dikenal. Walaupun saya tidak tau pasti awal munculnya pakaian yang kini disebut sebagai Kimon9 namunsaya tetap mengagumiya karena buktinya saya dapat mengetahui bahwa itu merupakan pakaian tradisional Jepang. Lalu bicara masalah lain yaitu olahraga, adakah anda yang tidak mengetahui karate? Tak hanya itu speerti jido atau seni olahraga meggnakan samurai. Kepopuleran Jepang terlalu banyak mengisi isi kepala saya, apakah saya salah mengingatnya? Yang harus diingat, dicari tau dan ditiru adalah kebiasan mereka dalam keseharianyang dapat mempopulerkan segala karya negranya.

Sisi kreatif dan inovatif dari negara Jpeang tak mungkin muncul begitu saja atas mukjizat, dibaliknya pasti memiliki langkah untuk mencapainya. Langkah apakah itu? Langkah keseharian hidup mereka yang mencoba untuk hidup lebih efektif dan efisien, cepat dan tepat, giat dan patah semangat, tak pernah puas munkin kebiasaan-kebiasaan tersebut yang menurut saya membangun negara Jepang begitu besar dan hebat dan membangun mereka menjadi negara yang kreatif dan inovatif. Selain mereka bisa mencipta sesuatu yang baru atu inovatif dan kreatif, mereka juga dapat menjualnya dan memberi tahu dunia apa yng mereka miliki. Sehingga untuk warga Indonesia, teruslah berkarya, cintai karya bangsa dan katakan pada dunia apa yang kita punya!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: