Pertemua dengan Pak Budi Raharjo

Pertemuan saya dengan Pak Budi Raharjo didasari oleh mata kuliah yang saya ambil yaitu kreatif dan inovatif. Pak Budi dinyatakan bahwa ia adalah salah satu dosen di ITB, entrepreneur dan pemain band yang sangat inspiratif. Dan berikut apa yang saya dapat dari pertemuan dengannya, apakah benar ia sangat inspiratif atau tidak, silahkan saja anda tentukan di akhir nanti.

Pada awalnya ia bercerita tentang 3 era dan tahap  globalisasi yaitu:

Globalisasi 1.0 : semua orang ingin jadi penjajah

Globalisasi 2.0 : Warga Negara bukan menjadi suatu hal yang penting, semua berfikir bahwa bekerja pada ,multinational company akan membawa kesuksesan

Globalisasi 3.0 : Hal terpenting adalah diri kita sendiri!! Tidak penting tempat kerja dan ke-warga negaraan, kata yang dapat menggambarkan 3.0 adalah “Happy with your self”

Dan Pak Budie Raharjo telah menajdi dan berada pada globalisasi 3.0 dimana yang terpenting baginya adalah bahagia dengan diri kita dan jika ingin semakin bahagia maka kembangkan lah diri kita.

Banyak jalur untuk lebih mengenal Pak Raharjo, karena ia terus berbagi tentang fikiran dan dirinya yaitu melalui bad.insan.co.id > rahard.wordpress.com > gbt.blogspot.com

Jika and belum mengetahui bahwa Pak Budi Raharjo adalah salah satu orang yag ikut dalam mengembangan dan konfresi pembentukan www (world wide web) di Canada, banggakah anda mengetahui ternyata ada orang hebat di Indonesia? kemudian ia juga yang mendatangkan dan mengurus .id (domain Indonesia) sehingga ia mungkin dapat dikatakan orang yang mengerti IT nomer 1 di Indonesia. Pak Budi sendiri memilki perusahaan bernama Indocisc yang merupakan perusahaan network and application security. Perusahaan ini sudah banyak membantu beberapa bank di Indonesia perihal natwork and apllication secutiry, ibarat bekerja sebagai “hacker” tapi di sis yang baik. Karena sebelom sistem keamanannya ia buat pastilah ia mencoba mencari celah untuk membobol suatu akun bank. Dan untuk suskses dibidang terseut harus bisa menjadi pribadi yang berani untuk mengkritik dan dikritik. Hal ini terkait dengan keberanian menguat kejahatan yang ada baik internal atau pun eksternal sebuah perusahaan klientnya.

Lalu dalam pertemuan ini ia kemudian membagi cerita tentang dirinya dan cara ia berfikir serta saran untuk dapat mengembangkan diri serta usaha.

Dalam menjalankan suatu perusahaan yang tersulit dan krusial adalah pencarian Sumber Daya Manusia, namun  jangan lah menjadi orang yang selalu mencari pekerjaan, tapi jadilah orang yang dicari oleh perushaan..sehingga untuk motivasi pribadi bahwa, berkembang dan berinovasilah terhadap diri sendiri, menjadi pribadi yang berbeda dan lebih dari yang lain maka itu dapat menjadi titik dimana kita akan dibutuhkan pada suatu perusahaan.

Pak Budi juga menyampaikan bahwa , To be success in running a business or company we need an objective of pursuit of happiness. Sehingga apa yang kita kerjakan bukan lah sebuah beban namun sebuah perjalanan yang menyenangkan. JANGAN pernah takut BANKRUT!!!, begitu kata beliau. seperti pengalamannya kehilangan 300 juta dalam menjalakan bisnis memang bukan hal yang kecil namun jika tidak begitu makan saya tidak akan belajar dari kesalahan dan tidak mungkin dapat memeperbaikinya sehingga seperti saar ini. Itulah yang dikatakan oleh Pak Budi Raharjo.

Kemudian ekonomi dikatakannya bahwa sekarang mengarah pada ekonomi yang berbasis “FREEMIUM”, sebagai bukti banyak sekali fitur yang diberikan secara free. Seperti socila media, twitter, facebook, skype bahkan download segala file bisa menjadi free karena memang adanya globalisasi dan internet. sehingga kita harus menjadi individu yang kreatif dan cerdik untuk dapat mencipta sesuatu yang berbeda dan berharga. Lakukanlah hal-hal mudah seperti menulis setiap hari! Maka dengan sendirinya kita akan terlatih untuk menjadi kreatif setidakmnya dalam berbagi pengetahuan atau sekedar bercerita. Harus berani berfikir out of the box, menjari jalan keluar yang berbeda dengan pasar yang ada. Janagn mencoba untuk berfikir dengan uang karena ketika kita berusaha sepenuh hati, bersungguh-sungguh dan fokus akan suatu hal makan kemudian uang itu yang akan menghampiri, “Don’t think about money, it will follow after we do things with passion.” Menjadi kreatif tak harus sealu menjadi yang pertama, namun bisa juga dengan cara memodifikasi. Lihat suatu ide kreatif kemudian tiru pola pikir dan kerja, kemudian perbaiki jika bisa beri nilai tambah dan keunikan yang baru.

Akhir kata disampaikan bahwa, We NEED to SHARE!!! Because we have already got lot of things and heard things from other people, so it is our responsibility to share!

sekian terimakasih, semoga saya sudah dapat men-SHARE dengan baik..

Advertisements

About dikadig

Interest in business and cooking "eat, learn and share it!"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: