Yang didapat jangan dibiarkan, namun kembangkan!

Dalam artikel ini saya ingin menyakan kepada pembaca, berapa kah usia anda? Lalu pernahkah anda membayangkan dan memeprtanyakan akan setiap hal atau benda yang anda gunakan dalam keseharian? Conoth media yang anda gunakan saat ini ketika membaca artikel ini? Ya. mungkin jawabannya adalah “tidak dan untuk apa difikrkan.” Ada baiknya jawaban seperti ini kita hindari dan buang jauh-jauh, lalu tanamankan rasa penasaran akan setiap hal karena dengan rasa ingij tau tersebut pasti ada manfaat dibaliknya.

Pertanyaan muncul ketika saya sedang berbincang dengan teman saya, bagaimana saya bisa hidup seperti sekarang ini, dengan segala fasilitas yang saya rasakan, saya bisa menggunakan kendaraan bermotor,menggunakan PC atau laptop,  memnonton tv, mendengarkan radio, mengambil susu dari kulkas, menggunakan handphone setiap hari bahkan setiap detik dan masih sangat banyak fasilitas lainnya. Pernah kah kita terbayang jika kita terlahir era sebelum masehi, di era kita masih hidup primitif dan sangat berantung pada keadaan alam. Dari imajinasi saya ternyata saya menyadari ada 1 penemuan terpenting dan palinmg berjasa di dunia ini yaitu penemuan LISTRIK. Pada tahun 1979 diesbut-sebut bahwa Thomas Alva Edison menemukan listrik serta lampu pijar yang katanya didaptnya dari sebuah mimpi. Terkait benar atau tidaknya siapa penemunya, yang terpenting adalah karyanya tersbut yaitu listrik. Sekarang coba bayangkan berapa aktifitas keseharian anda yang tidak terkait dengan listrik. Nampaknya sangat sedikit bukan? Segala aktifitas yang saya telah sebut diatas seluruhnya terkait dengan listrik, energi yang menajdikan aktifitas atau benda tersebut dapat berjalan. Sehingga ini lah yang saya anggap sebagai penemuan terpenting dan paling bermanfaat di dunia ini. Kalau kita urutkan kejadian dalam keseharian dari kita bangun pagi lalu hilangkan listrik dari kegiatan tersebut. tak bisa menyala lampu, tak bisa mencharge HP, tak bisa mandi dengan air panas dan menggunakan air yang dipompa, apakah harus menimba air disumur dahulu, lalu tak menyelakan tv atau radio sepertinya jika diurutkan dapat menghabiskan beberapa halaman atas kesulitan yang dapat terjadi jikalau listrik tak ada. Ingat saja kesulitan yang kita dapat ketika mati lampu, nampaknya 1 jam saja sudah sangat memberatkan bukan? Pada intinya bersyukurlah kita dapat hidup di era masa kini, jangan terlalu banyak mengeluhdan jangan terlalu terlena telah mendapatkan segalanya. Tantangannya adalah bagaimana kita dapat memanfaatkannya dan menjadikannya sebuah penemuan yang baru. Mulailah dari hal-hal kecil, berfikir untuk mempermudah segala kegiatan sehari-hari.

Cara berfikir kratif dan inovatif ini bisa dimulai dengan cara memepertanyakan setiap aktifitas yang kita lakukan dalam keseharian. Misal inigin mempermudah untuk m,embuka kulkas atau mempermudah hal-hal lainnya. Contoh saja karya-karya yang tercipta dana Djarum Black Innovation, bukan maksud untuk promosi namun menurut saya ajang ini sangat bagus untuk masa depan negara berkembang seperti Indonesia. Segala kreasi kreatif yang inovasi tak hanya dibiarkan begitu saja namun harus bisa dikemas sehingga memilki nilai jual. Hal ini hal yang semestinya di lirik pemerintah untuk lebih mengembangkan kekreatifa anak bangsa. Bukan selelu mengklaim bahwa anak jaman sekarang hanya memiliki sifat anarkis, semestinya mereka memberikan solusi berupa wadah untuk berkegitan dan doihargai. Banyak anak negeri yang sukses menjadi orang kratif dan inovatif namun mungkin mereka semua sekarang tinggal di luar negeri karena mereka tidak dihargai disini di negara Indonesia. Sehingga kita sebagai pemuda dan pemudi bangsa mari saluran ke-kreatifan kita untuk mencipta sesuatu yang inovatif!!

Advertisements

About dikadig

Interest in business and cooking "eat, learn and share it!"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: